Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis Bersama Desa Cintaratu Laksanakan Pemberdayaan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha Mikro

Usaha mikro merupakan lapisan yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka dengan penggembangan usaha mikro sangat dinilai mampu mendongkrak perkembangan ekonomi di masyarakat.

 

Upaya peningkatan kapasitas Usaha Mikro di Kabupaten Ciamis ini salah satunya dengan melaksanakan Pemberdayaan Kelembagaan Potensi dan Pengembangan Usaha Mikro. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis Bersama Desa Cintaratu yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Mei 2023 di Pendopo Desa Cintaratu.

 

Heliana Arief , Camat Lakbok, menyatakan apresiasinya kepada dinas KUKMP yang telah melaksanakan kegiatan pembinaan UKM.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Dinas KUKMP yang telah melaksanakan kegaitan ini di Kecamatan Lakbok. Saya lihat potensi UKM di Kecamatan Lakbok ini sangat besar bila dikelola dengan baik, maka dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan ini saya harapkan UKM di lingkup Kecamatan Lakbok bisa berkembang pesat” ujaranya Ketika sambutan.

 

Sementara Kepala Dinas KUKMP, Asep Khalid Fajari, mengatakan bahwa sebagai pelaku usaha, kita harus terus kreatif dalam menjalankan usaha serta jangan lupakan untuk menyisihkan laba untuk kegiatan sosial.

 

“Seiring dengan perkembangan waktu, pelaku usaha senantiasa dituntut untuk tetap kreatif dalam menjalankan usaha. Sementara itu jangan melupakan pula perizinan serta sertifikasi sebagai penunjang perjalanan usaha kita dan sisakan pula dana untuk kegiatan sosial.” Pesannya Ketika membuka kegiatan.

 

Kepala Desa Cintaratu, Ahmad Musadad, menyatakan sangat terbantu dengan pelaksanaan kegiatan ini,

 

“Kami merasa sangat terbantu dengan pelaksanaan kegiatan ini, mengingat potensi UKM di Desa Cintaratu sangat besar. Kami harapkan kegiatan ini mampu membuat UKM di Desa Cintaratu berkembang semakin pesat” Ujarnya Ketika ditemui.

 

Kegiatan ini mengangkat tema “Kewirausahaan Pelaku Usaha dan Pemasaran Produk” dengan pemateri Bapak Arief S, S. Tp, dari Dinas Indag Kota Tasikmalaya dan Pendamping UKM Provinsi Jawa Barat Bapak Muhamad Dani Ramdani, S.E., Peserta dari kegiatan ini merupakan pelaku usaha dari Desa Cintaratu dan Desa Puloerang dengan total peserta sejumlah 43 Orang.

Share Berita