Hujan Deras Mulai Turun, Desa Cintaratu Sigap Atasi Banjir

Minggu, 07 Mei 2023. Awal bulan Mei pada umumnya menjadi akhir musim penghujan, sementara pada laman BMKG perkiraan hujan masih tinggi. Desa Cintaratu mengalami hujan deras selama beberapa hari kebelakang. Dengan debit hujan yang tinggi yang juga menerpa beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis.

Dengan curah hujan yang tinggi beberapa wilayah di Desa Cintaratu terdampak banjir pada hari Sabtu, 6 Mei 2023. Menindaklanjuti peristiwa banjir ini Kepala Desa Cintaratu, Ahmad Musadad, segera menindaklanjuti dengan menurunkan exavator guna membersihkan saluran air yang mengalami pendangkalan di Dusun Cibodas dan Dusun Citamiang.

“Tindakan ini merupakan inisiatif cepat untuk menanggulani banjir, mengingat curah hujan yang pada beberapa hari ini meningkat. Maka dari itu, secepatnya saya luncurkan exavator untuk merevitalisasi saluran pembuangan sebagai penanggulangan banjir di Desa Cintaratu,” Ujar Ahmad Musadad.

Revitalisasi saluran pembuangan ini dimulai pada minggu siang di Dusun Cibodas selanjutnya sampai di Dusun Citamiang.Juga dengan dengan membersihkan saluran BSA 7, Saluran Pembuangan Pokok Desa Cintaratu. Revitalisasi ini terfokus pada pembersihan tanaman air yang menyumbat serta pendangkalan dikarenakan lumpur yang meumpuk pula.

“Kemarin saya lihat beberapa rumah warga terendam, melihat itu secepatnya saya lakukan tindakan untuk menanggulangi peristiwa banjir ini agar tidak terulang Kembali.” Pungkasnya saat ditemui.

Sementara pada Minggu Pagi, Warga Dusun Citamiang pula secara bersamaan melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air yang ada di sekitar lingkungan rumahnya. Dengan kordinasi dengan pihak Kepala Dusun, RT dan RW dalam kegiatan gotong royong ini.

Share Berita