RAIH STRATA MANDIRI, DESA CINTARATU DAPATKAN APRESIASI MOBIL MASKARA

Bandung, 03 Maret 2024. Desa Cintaratu meraih strata desa mandiri pada tahun 2023 dengan peringkat 2 di Kabupaten Ciamis. Ini merupakan kemajuan pesat bagi Desa Cintaratu dengan mendapatkan posisi sangat baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dikutip dari laman Kementrian Desa Indeks Desa Membangu (IDM) merupakan Indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi. Indeks ini berdasarkan Undang - Undang Nomor 6Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun.

Indeks Desa Membangun membagi status desa kepada 5 klasifikasi, yaitu desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri. Dengan prestasi ini, pada Jumat, 03 Mei 2024 Desa Cintaratu mendapatkan apresiasi Mobil Maskara yang di Serahkan di Komplek Astra Biz Jalan Soekarno Hatta Bandung.

”Ini merupakan prestasi besar Desa Cintaratu setelah berdarah-darah melakukan Pembangunan di setiap bidang baik ekonomi, pertanian, sosial, Kesehatan, Pendidikan serta bidang-bidang lainnya akhirnya dapat mencapai target Strata Mandiri.” Ujar Kepala Desa Cintaratu, Ahmad Musadad.

“Prestasi ini bukanlah prestasi Desa Cintaratu bilamana bukan dari bantuan seluruh Masyarakat Desa Cintaratu, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Camat dan pihak-pihak lainnya yang terus membantu perkembangan kemajuan desa.”

Pada tahun 2021 skor IDM Desa Cintaratu 0.8340 taun berikutnya mendapat peningkatan yang pesat pada 2022 Desa Cintaratu mendapatkan Skor IDM 0.9644 setelahnya pada tahun 2023 mendapatkan Skor 0.9625 dengan tetap mempertahankan strata Mandiri. Prestasi ini perlu ditingkatkan pada tahun tahun berikutnya.

“Kami Ucapkan terimakasih kepada Pj Gubernur Jawa Barat, DPMD Provinsi Jawa Barat dan DPMD Kabupaten Ciamis serta terimakasih pula kami sampaikan  atas segala dukungan Masyarakat desa terhadap program-program kami hingga akhirnya kami mendapat anugerah ini. Sekali lagi, Terimakasih dan semoga kedepannya Desa Cintaratu bisa semakin Maju. Sesuai Misi Desa Cintaratu Maju,  Mandiri dan Juara!!.” Pungkasnya.

Share Berita