Tingkatkan Keterampilan UPBdes, Desa Cintaratu Laksanakan Sosialisai dan Pelatihan Bersama BPBD

Jumat, 01/10/2021. Pelatihan Unit Penanggulangan Bencana Desa Cintaratu yang dilaksanakan di Pendopo Desa Cintaratu dihadiri oleh Anggota UPBdes, Pemerintah Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok dan BPBD Kabupaten Ciamis. Sosialisasi dan Pelatihan Antisipasi Kebencanaan dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan para anggota UPBDes dan Pemerintah Desa Cintaratu dalam mengantisipasi bencana.

Dalam pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan dibagi kepada 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh teori penanganan kebencanaan yang disampaikan oleh Budi Hikmat Sonjaya, S. KM yang menjelaskan tentang pengertian penanggulangan bencana. Dan Amel yang membawakan materi keterampilan dalan penanggulangan bencana.

Sementara itu, sesi 2 dilaksanakan dengan praktik cara evakuasi korban dalam keadaan bencana. Praktik yanhg dipandu oleh Mang Erik memberikan pelatihan dalam evakuasi korban dengan berbagai cara. Diantaranya menggunakan alat bantu, tanpa alat bantu dan dengan menggunakan barang sederhana yang ada di sekitar.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana ini Camat Lakbok, Wiwik Dewi Koraningsih, menyampaikan bahwa dengan adanya unit penanggulangan bencana minimal penanggulangan bencana dapat dilaksanakan dari diri sendiri.

“Dengan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana, kami mengharapkan bahwa penanggulangan bencana dapat dilaksanakan minimal dimulai dari diri sendiri” Ucap Camat Lakbok dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Desa Cintaratu, Ahmad Musadad menyampaikan terimakasih kepada BPBD Kabupaten Ciamis yang berkenan untuk memberikan sosialisai antisipasi kebencanaan dan pelatihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas Unit Penanggulangan Bencana Desa Cintaratu.

“Kami Ucapkan terimakasih kepada BPBD Kabupaten Ciamis yang telah berkenan untuk memberikan sosialisai antisipasi kebencanaan dan pelatihan kepada Unit Penanggulangan Bencana Desa Cintaratu. Selanjutjnya, semoga ilmu yang telah disampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kami dan seluruh warga Desa Cintaratu”. Pungkasnya dalam penutupan sosialisasi dan pelatihan.

Dengan adanya Unit Penanggulangan Bencana, Desa Cintaratu dapat mencapai indikator sebagai desa tanggap bencana. Ini pun yang menjadi ciri bahwa Desa Cintaratu telah mencapai predikat Desa Mandiri dalam penilaian Indeks Desa Membangun.

Share Berita