PERTAHANKAN STATUS, DESA CINTARATU KEMBALI RAIH STRATA MANDIRI

Pada Rabu, 15 Mei 2024 Desa Cintaratu telah melaksanakan Ekspose IDM dan SDGs Desa yang dihadiri oleh Camat Lakbok yang pada kegiatan ini diwakili oleh Kasi PMD Kecamatan Lakbok. Selain itu, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Bhabin Kamtibmas, Ketua RT dan ketua RW serta Kader Posyandu dan Badan Permusyawaratan Desa turut hadir dalam kegiatan Ekspose ini.


Hasilnya, Indexs Desa Membangun (IDM) Desa Cintaratu pada tahu 2024 mampu mempertahankan stratanya sebagai desa Mandiri dengan meraih skor 0.9625. Dengan Skor ini desa Cintaratu sementara masih menjadi peraih Skor IDM Terbaik di Kecamatan Lakbok. Diakses pada 15/05/2024 Pukul 19.03 WIB, pada laman https://idm.kemendesa.go.id/status?, Desa Cintaratu menempati rangking 205 dari 83.971 Desa pada urutan nasional. Suatu prestasi besar bagi Desa Cintaratu. Sementara di Tingkat kabupaten, Desa Cintaratu masih bertahan di Peringkat 2 dari 285 Desa seKabupaten Ciamis.


Sebelumnya, Pemerintah Desa Cintaratu pula mendapatkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) atas prestasi peningkatan strata desa. Dengan mampu mencapai status Desa Mandiri, Desa Cintaratu memiliki potensi sangat besar dari segala sisi, baik ekonomi, Kesehatan, Pendidikan serta pengembangan Masyarakat.


“Kembali setelah jeripayah seluruh Masyarakat Desa Cintaratu, Kita semua mampu mempertahankan strata Desa Cintaratu. Pada tahun ini Kita semua bisa meraih lagi Strata MANDIRI bagi Desa Cintaratu. Setelah beberapa saat lalu dengan peningkatan strata serta skor terbaik kita mendapatkan mobil Maskara. Semoga dalam waktu-waktu kedepan kita mampu mempertahankan strata ini, dan meningkatkan Kembali skor yang kita dapatkan” Ujar Ahmad Musadad, Kepala Desa Cintaratu.

Pada setiap tahunnya desa-desa di seluruh Indonesia terus memutakhirkan data IDM untuk mengukur indexs Pembangunan di desa. Berdasarkan Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun, Indexs Desa Membangun terus menjadi indikator Pembangunan Di Desa. Hal ini yang menjadi ukuran strata desa yang terbagi menjadi Desa Sangat Tertinggal, Tertinggal, Berkembang, Maju dan Mandiri. Semakin baik strata desa menunjukan semakin baik pula Pembangunan dari berbagai aspek di Desa tersebut.

Share Berita