Serap Aspirasi Masyarakat, Desa Cintaratu Gelar Pra RKPDes

Senin, 24 Juni 2024. Desa Cintaratu melaksanakan kegiatan Pra RKPDes yang dihadiri oleh Camat Lakbok, Kepala Desa, Ketua BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM, MUI, UPBDes, Perwakilan Kader Posyandu, KPM, RT, RW Se-Desa Cintaratu. Kegiatan ini dilaksanakan karena Rev UU no 3 Tahun 2024 yang salahsatunya perpanjangan periode Kepala Desa selama 2 Tahun.


Kepala Desa Cintaratu, Ahmad Musadad mengatakan bahwa dengan adanya revisi undang-undang Desa perubahan RPJMDes perlu di revisi berkaitan dengan perpanjangan masa jabatan dan kebutuhan masyarakat desa dengan kondisi terbaru.




“Dengan direvisinya undang-undang Desa, RPJMDes perlu di revisi mengingat kebutuhan masyarakat desa dengan kondisi terbaru guna mensinergiskan kebutuhan dan kepentingan masyarakat Desa“ Ujar Ahamd Musadad, Kepala Desa Cintaratu. 
Selanjutnya Kepala Desa Cintaratu menambahkan harapan dari terlaksananya kegiatan ini muncul inovasi program-program pembangunan di Desa.


“Harapan kami dengan dilaksanakannya kegiatan ini muncul program-program pembangunan yang berkelanjutan di Desa Cintaratu sesuai dengan misi Substainable Development Goals (SDG’s).” Pungkasnya.


Sementara Camat Lakbok, Mujiono, ST. M.Si., mengatakan “Kegiatan ini adalah perencanaan program berbasis kerakyatan bukan hanya penguatan berbasisi fisik namun berbasis pengembangan Sumberdaya Manusia Pula.“ 


Serta dalam sambutannya menambahkan bahwa “Prinsip kegiatan ini adalah mewujudkan inovasi yang terus-menerus guna perkembangan desa yang lebih baik dan tetap berpegang teguh kepada kesejahteraan rakyat.”


Selain itu, Camat Lakbok pula meningatkan bahwa pembangunan bukan hanya tanggungjawab desa, Masyarakat pun harus selalu mendampingi dan mendukung kegiatan ini.


“Saya ingatkan kembali kepada seluruh peserta yang hadir bahwa program-program yang nanti muncul dan selanjutnya disahkan tidak akan mencapai kesuksesan bilamana tidak ada andil dukungan dari masyarakat desa, maka kami himbau kepada seluruh warga Desa Cintaratu agar selalu membersamai setiap langkah Desa agar terwujud semua program ini dan dapat mencapai Kesejahteraan serta Kemandirian Desa.” Pungkasnya.


Program-program yang tercetus dari kegiatan ini selanjutnya akan dipertimbangakan skala prioritas yang dan akan masuk menjadi usulan di RKPDes. 

A

Share Berita