Kaleidoskop 2021 : Raihan Prestasi Desa Cintaratu

Selama tahun 2021, Desa Cintaratu telah beraih beberapa prestasi pada bidang-bidang yang berbeda. Setelah Kepala Desa Cintaratu, Ahmad Musadad, resmi dilantik pada 3 Februari 2021, progres Pemerintah Desa Cintaratu terus meningkat. Hal ini dapat ditinjau dari beberapa prestasi yang diraih.
Beberapa prestasi yang diraih Desa Cintaratu tahun 2021 diantaranya yaitu Penghargaan Desa Mandiri. Penghargaan Desa Mandiri merupakan penghargaan atas tercapainya ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Dalam peringkat status desa di laman idm.kemendesa.go.id, Desa Cinaratu menempati peringkat 2106 dari 73.850 desa, dengan status Desa Mandiri.
Prestasi Selanjutnya yang diraih pada tahun 2021 adalah Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Di Kabupaten Ciamis, Desa ODF telah dideklarasikan sejak April 2021. Desa Cintaratu merupakan salah satu desa terdepan dalam melaksanakan kegiatan ini.
Selain itu, Cintaratu mendapatkan penghargaan sebagai desa tercepat dalam Pemenuhan Pokok Ketetapan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB.P2) kelompok III tahun 2021. Di tingkat kecamatan, UPZ Desa Cintaratu pula meraih penghargaan sebagai desa terlengkap dalam pengumpulan administrasi model D dan model P.
Selain diatas, masih banyak prestasi-prestasi yang diraih oleh Desa Cintaratu. Perestasi yang didapat saat ini tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat Desa Cintaratu.

Share Berita