Ikuti Kegiatan Good Manufacturing Practice, UMKM Desa Cintaratu Targetkan Tembus Pasar Internasional

Senin, 31 Januari 2022. Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis melaksanakan program sosialisai Good Manufacturing Practice (GMP) di Pendopo Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Koordinasi, Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber daya Industri di Kabupaten Ciamis.
“Program ini merupakan usaha Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan kualitas produk minuman dan makanan di Kabupaten Ciamis agar nantinya produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar penjualan dan dapat diterima dengan baik di pasar” ujar Ibu Enok Kursilah, Kabid Industri Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis.
Good Manufacturing Practice (GMP) merupakansuatu pedoman atau tata cara manajemen untuk menghasilkan produk makanan dan minuman yang sesuai standar yang diberlakukan di sebuah Negara. GMP atau yang dikenal di Indonesia dengan istilah CBP atau Cara Produksi yang Baik memiliki standar produksi bermacam-macam tergantung jenis produksinya.
Kepala Desa Cintaratu mengatakan sangat antusias dengan program yang dilaksanakan di Desa Cintaratu ini, karena banyak UMKM di Desa Cintaratu yang memiliki produk makanan dan minuman yang beragam jenisnya.
“Kami sangat antusias dengan program ini, karena UMKM di desa kami memiliki beragam produk yang kami harapkan kedepannya desa kami akan menjadi desa sentra UMKM yang Mandiri dan Juara” Ujar Ahmad Musadad, Kepala Desa Cintaratu.
Sementara Wiwik Dewi K, Camat Lakbok mengharapkan bahwa produk-produk yang dihasilkan di Desa Cintaratu dapat memenuhi standar pasar dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa Cintaratu.
“kami harapkan UMKM di Desa Cintaratu dapat menjalin hubungan yang baik, guna meningkatkan taraf ekonomi di Desa Cintaratu dengan memaksimaknan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Serta UMKM dapat didata dan dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas produk agar menjadi produk unggulan yang terus relevan dengan perkembangan jaman. Sehingga bisnis yang dijalankan bisa berkembang sesuai jaman dan menggunakan teknologi sehingga bisa menembus pasar dunia” Ujarnya dalam sambutan kegiatan tersebut.

Share Berita