DEKLARASI IDM ( INDEKS DESA MEMBANGUN ) TINGKAT KECAMATAN LAKBOK TAHUN PEMUTAKHIRAN 2024

Lakbok 5 juni 2024, Kecamatan Lakbok melaksanakan Deklarasi IDM ( Indeks Desa Membangun ) yang mana kegiatannya dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Lakbok yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Desa, Koordinator TPP Kabupaten Ciamis, Tenaga Ahli Pembina Cluster 4, Camat Lakbok, Danramil Lakbok, Perwakilan Kapolsek Lakbok, Kasi PMD Kecamatan Lakbok, Pendamping desa Kecamatan Lakbok, Pendamping Lokal Desa, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Operator Desa Sekecamatan Lakbok, Kepala PKM Lakbok dan kepala PKM Sidaharaja.


Status IDM  Kecamatan Lakbok ialah MANDIRI dengan score 0.9028 Secara Rangking nasional menempati urutan ke 69 dari 6554 kecamatan dan menempati urutan kedua Tingkat Kabupaten Ciamis. Adapun status seluruh desa di Kecamatan Lakbok Semuanya sudah berstatus Desa MANDIRI Semenjak tahun 2023. Camat Lakbok dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh desa yang sudah berjuang dan bersusah payah dalam menginput data IDM." Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat didalam penginputan data IDM ditiap-tiap desa sehingga bisa selesai tepat waktu " tuturnya.

Ditingkat Kecamatan Lakbok Desa Cintaratu sementara masih menjadi peraih Skor IDM Terbaik Dengan Score IDM 0.9625 Pada tahun 2024. Tahun ini nilai score IDM Desa Cintaratu mengalami stagnan dari tahun 2023 dan mengalami penurunan dibadingkan  tahun 2022 yang scorenya ialah 0.9644. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H. Ape Ruswandana Dalam Sambutannya mengatakan kegiatan Seperti ini  yaitu deklarasi IDM yang mana semua desa berstatus Madiri ialah bukan suatu perlombaan desa, tapi lebih kearah menjadi tolak ukur didalam menentukan arah kebijakan pembangunan kedepan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat banyak. "IDM mandiri mah sanes Perlombaan Tapi tolak ukur untuk menentukan arah kebijakan pembagunan kedepan "  Berikut Rincian 10 Desa Dikecamatan Lakbok  berdasarkan nilai score IDM tahun 2024 ; 

 

  1. Desa Cintaratu score 0.9625.
  2. Desa Sidaharaja score 0.9289.
  3. Desa Kalapasawit score 0.927.
  4. Desa Puloerang score 0.9235.
  5. Desa Cintajaya score 0.9087.
  6. Desa Kertajaya score 0.9052.
  7. Desa Tambakreja score 0.8916.
  8. Desa Sukanagara score 0.8787.
  9. Desa Baregbeg score 0.867.
  10. Desa Sindangangin score 0.823


Adapun tiga desa yang mengalami kenaikan score IDM yang signifikan yaitu Desa Sidaharaja, Desa Kalapasawit dan Desa Cintajaya. Masing-masing kepala desanya diberikan kesempatan untuk presentasi atau memaparkan program atau potensi yang ada ditiap desanya dihadapan para undangan deklarasi dimaksud. Dipenghujung acara, Camat lakbok, Pendamping Desa beserta Panitia membagikan sertifikat kepada empat orang operator desa yang tercepat menginput data IDM. Serta membagikan sertifikat Desa Mandiri dengan plakatnya dan memberikan apresiasi berupa hadiah atau souvenir kepada kepala desa yang desanya masuk empat besar score IDM tertinggi ditingkat kecamatan Lakbok.  (AM)

Share Berita