KEMBALI, DESA CINTARATU MAMPU MEMPERTAHANKAN STATUS DESA MANDIRI TAHUN 2023

Desa Cintaratu Kembali meraih peringkat mandiri pada tahun 2023. Status mandiri ini disosialisasikan pada kegiatan Exspose Pemutakhiran data IDM dan SDGs Tahun 2023. Senin, 22 Mei 2023 di Pendopo Desa Cintaratu. Dikutip dari laman Kementrian Desa Indeks Desa Membangu (IDM) merupakan Indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi. Indeks ini berdasarkan Undang - Undang Nomor 6Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun.

Indeks Desa Membangun membagi status desa kepada 5 klasifikasi, yaitu desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri. Desa Cintaratu Kembali meraih status Desa Mandiri setelah pada tahun 2022 pun meraih status Mandiri.

Kepala Desa Cintaratu mengataka bahwa secara umum Desa Cintaratu mampu meraih target untuk mempertahankan status desa mandiri. Dan ini pun merupakan hasil upaya peningkatan seluruh elemen sosial, ekonomi, Kesehatan dan lainnya.

“Alhamdulillah tahun 2023 Desa Cintaratu mampu mencapai target untuk mempertahankan status Desa Mandiri, Ini merupakan hasil upaya kita semua dalam meningkatkan seluruh elemen dari sosial, ekonomi, Kesehatan dan elemen- lainnya. Tak lepas saya ucapkan terimakasih, capaian kita ini merupakan hasil upaya dari seluruh lapisan masyarakat Desa Cintaratu, Baik dari Perangkat Desa, BPD, PKK, Posyandu, RT, RW, kepala dusun serta seluruh elemen masyarakat di Desa Cintaratu.” Ujar Ahmad Musadad, Kepala Desa Cintaratu, Ketika ditemui.

Sementara itu, Camat Lakbok, Heliana Arief, menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Cintaratu yang telah mampu mempertahankan status desa Mandiri di tahun 2023.

“ Selamat kepada Desa Cintaratu yang telah mampu mempertahankan status Desa Mandirinya, Selanjutnya saya titipkan bahwa status ini harus mampu dijaga di tahun-tahun selanjutnya. Bukan berarti selesai tahun ini mampu dipertahankan, namun setelanya harus tetap dipertahankan serta ditingkatkan capaiannya. “ Ucap Heliana Arief saat sambutan.

Share Berita